Artificial intelligence


Kecerdasan Buatan (Artificial  Intelligence) ini didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan diprediksi semakin berkembang di tahun 2017. Istilah ini bisa diterapkan pada kemampuan komputer yang memiliki fungsi kognitif otak manusia. Hingga nantinya, kecerdasan buatan memungkinkan untuk berinteraksi langsung ke sebuah layanan tanpa perangkat elektronik.

Tak hanya Google, Facebook, Microsoft, Apple, dan Amazon berlomba-lomba mengembangkan algoritma berbasis kecerdasan buatan. Gartner bahkan memprediksi bahwa IA dan machine learning akan banyak digunakan pada robot, virtual personal assistants, kendaraan mandiri, dan smart advisors di tahun 2017. Gartner, Inc. adalah perusahaan riset teknologi informasi dan firma penasihat Amerika Serikat yang bermarkas di Stamford, Connecticut, Amerika Serikat.

Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain :
  • Sistem Pakar (Expert System)
System pakar adalah suatu system yang dibuat berdasarkan orang yang benar -benar ahli dalam bidang dan berpengalaman.
  • Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing)
Pengolahan Bahasa Alami (natural language processing) adalah suatu bidang yang dimana ai tersebut mengolah perintah bahasa sehari -hari ke dalamAI tersebut agar melakukan sesuatu yang sesuai dengan perintah tersebut.
  • Pengenalan Ucapan (Speech Recognition)
Pengenalan ucapan adalah suatu bidang AI yang mengubah bentuk suara dalam suatu format file agar dapat dibaca dan sebalik na mengubah suatu text file menjadi suara oleh penguna misal nya sepertitelpon untuk orang bisu dan tuli.
  • Robotika dan Sistem Sensor (Robotics dan Sensory Systems)
Robotika dan sensor adalah bidang AI yang berfungsi sebagai mendeteksi suatu keberadaan benda sehingga AI tersebut dapat bergerak sesuai dengan program yang telah dirancang.
  • Computer Vision
Computer Vision adalah bidang AI yang berfungsi untuk mengetahui hasil inputan dan di keluarkan dalam bentuk visual misal nya pengenalan pola sidik jari dan pengenalan tulisan.
  • Intelligent Computer-aided Instruction
Intelligent computer-aided instruction adalah bidang AI yang berfungsi sebagai tutor atau membantu dalam pembelajaran di bidang tertentu.
  • Game Playing Sistem Pakar
Game Playing adalah bidang AI yang dibuat dalam permainan misalnya Deep blue adalah program AI yang dibuat untuk permainan catur.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment